BERITA UTAMA

Satgas Dana Desa Terima 10 Ribu Laporan dari Masyarakat

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Tim Satgas Dana Desa telah menerim...

SITUS BUNI DIREKOMENDASIKAN JADI CAGAR BUDAYA

Inline image
peninggalan situs buni
Bekasi-Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana mengajukan situs purbakala Buni yang berada di Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan dan Masjid Jami Al Mujahidin Cibarusah menjadi cagar budaya.

Kepala Bidang Budaya pada Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bekasi, Suwartika mengatakan berdasarkan hasil kajian arkeolog, kedua peninggalan sejarah di Kabupaten Bekasi itu layak menjadi cagar budaya nasional.
“Kami sedang ajukan sesuai dengan hasil kajian yang dilakukan tahun lalu. Jika memenuhi unsur, nantinya cagar budaya Kabupaten Bekasi akan bertambah,” kata Suwartika, Kamis (12/10).
Hasil kajian tersebut, kata dia, akan diajukan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang Wilayah Kerja Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung pada Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.
Ia menjelaskan keduanya bakal melengkapi enam cagar budaya lain yang lebih dulu diakui oleh Direktorat Jendral Kebudayaan melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang, Wilayah Kerja Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Lampung di tahun 2015 lalu, yakni Kantor Bekas Kewedanan Cikarang Utara, rumah bersejarah yang kini menjadi asrama Polsek Cikarang 1 dan rumah bersejarah yang kini menjadi asrama Polsek Cikarang 2, Saung Ranggon, Gedung Juang 45 dan Kantor DPC P4KI Kabupaten Bekasi.
Penetapan cagar budaya, ujarnya kepada beritacikarang.com,  memberi garansi tersendiri atas keaslian peninggalan bersejarah tersebut. Dikatakan Suwartika, peninggalan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya tidak boleh diubah apalagi dihancurkan.
Terhadap cagar buaya yang dimaksud, setiap orang dilarang melakukan pelestarian tanpa didasarkan pada hasil studi kelayakan yang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis, akademis dan administratif.
“Bahkan untuk pemugaran atau perbaikan atau bahkan pemeliharaan harus didampingi para ahli. Tujuannya jelas agar keaslian situs tersebut dapat terjaga. Cagar budaya pun dilarang dipindahkan dan atau dipisahkan dari titik awalnya tanpa izin,” kata Suwartika. 
99

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SITUS BUNI DIREKOMENDASIKAN JADI CAGAR BUDAYA"

Posting Komentar