Desa agar siapkan SDM yang mumpuni


Hasil gambar untuk Aat Barhati
Hj Aat Barhati
Pelibatan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan program-program pembangunan desa, sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Dra Hj Aat Barhati,  menjadi kunci keberhasilan pengelolaan dana desa.
 
Untuk itu, Aat berharap pemerintah desa mengelola dana desa secara transparan dan melibatkan masyarakat dari tahap perencanaan hingga pengawasan pelaksanaan program di lapangan.
 
Sebagai wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di perdesaan.  Dana Desa,  ujar Aat, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga desa agar kehidupan mereka kian sejahtera. Terlebih  besaran dana desa terus meningkat dari tahun ke tahun.
 
“Besaran dana yang terus meningkat, mendorong kepala desa beserta perangkatnya, untuk  berinovasi dalam menyusun program pembangunan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat desa,” papar mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra ini.
 
Sementara itu Aat juga meminta agar semua kepala desa saling berpacu dalam menjalan empat program terkait desa yang dicanangkan pemerintah pusat,  yakni Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pembuatan Embung, dan Pembangunan Sarana Olah Raga.
 
Program prioritas tersebut, lanjut Aat,  bisa menjadi acuan dari pemerintah desa untuk menyusun program pembangunan mereka.
 
Jika dijalankan secara maksimal, Kepala DPMD Hj Aat Barhati, yakin, keempat program prioritas tersebut dapat  menjadi daya ungkit peningkatan perekonomian perdesaan.
“Karenanya, dalam menyusun program pembangunan, pemerintah desa harus mempertimbangkan keempat program prioritas tersebut,” ujarnya.
 
Sementara itu ke depannya, dengan peran Dana Desa yang semakin penting, setiap desa hendaknya juga memberdayakan potensi sumber daya manusia (SDM)-nya dari berbagai latar belakang keahlian, kemampuan dam pendidikan.
 
 Hal itu, lanjut Aat  demi menyambut satu lagi kebijakan pemerintah, di mana Dana Desa bisa dimanfaatkan menjadi program padat karya cash.
Dengan demikian, nantinya  semua program pembangunan di kawasan perdesaan harus dilakukan secara swakelola oleh masyarakat desa.
 
Dengan demikian, ada satu ketegasan, bahwa Dana Desa  sebesar-besarnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa,

Komentar